GAMBARAN
UMUM SMP MT MAMBEN
SMP Maraqitta’limat Mamben merupakan salah satu SMP Swasta yang terletak di
Dusun Omba Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Propinsi
Nusa Tenggara Barat yang berdiri sejak tahun 1986 dan beroperasi tahun 1986, serta menempati tanah seluas ± 20.000 m2.
Lokasi sekolah dapat dikatakan di
Pedesaan pinggir jalan jurusan Mamben Daya ke Kembang Kerang dengan
kondisi jalan menuju ke sekolah yang sudah baik (hotmix), dan letaknya dekat
dengan Kota Kecamatan Wanasaba. Siswa sekolah berasal dari kawasan pemukiman
penduduk sekitar Dusun Omba, Bagik Longgik, Renga,
Kalibening, Bagek Rebak, Montong Pace dan Kroya yang rata-rata orang tua mereka kurang
perhatian dengan dunia pendidikan. Orang tua lebih mengarahkan
anak-anaknya untuk membantu pekerjaan mereka di Rumah, di sawah, atau di kebun.
Tapi minat para siswa sekolah cukup tinggi, hal ini terbukti dengan antusias
mereka mau datang ke sekolah tepat waktu, bahkan satu jam sebelum pelajaran
dimulai. Kondisi masyarakat lingkungan sekolah yang terletak di wilayah pedesaan, dapat dikatakan sebagai
masyarakat yang memiliki sifat kekeluargaan yang tinggi. Mata pencaharian
penduduk sekitarnya adalah bertani, berkebun, beternak, berdagang dan
kebanyakan dari mereka bekerja buruh tani dan pembuat batu bata. Beberapa anggota masyarakat bekerja sebagai
TKI/TKW di luar negeri. Hal ini merupakan tantangan bagi pihak sekolah
sekaligus menjadi motivasi untuk kemajuan sekolah ini demi menciptakan peserta
didik yang berwawasan luas, mandiri dan berakhlakul karimah sehingga nasib
mereka lebih baik dari orang tuanya.
Kondisi sosial ekonomi orang tua atau wali murid rata-rata menengah ke
bawah, dan kebanyakan dari mereka tidak menamatkan Sekolah Dasar. Disamping itu
juga masih sangat kurangnya partisipasi dan kepedulian masyarakat pada dunia
pendidikan, sehingga kurang memperhatikan perkembangan anak. Visi dan misi yang
jelas, pelan namun pasti perkembangan pemahaman dan pengetahuan masyarakat
dapat meningkatkan arti pentingnya pendidikan meskipun secara bertahap.
Fasilitas yang dimiliki SMP Maraqitta’limat Mamben antara lain ruang kelas
sejumlah 3 Ruangan, Musholla untuk pembinaan akhlak dan
mengembangkan pengetahuan agama dan
Lapangan Olah Raga Serbaguna sebagai tempat pengembangan bakat dan minat
siswa khusunya dibidang olahraga prestasi.
SMP
Maraqitta’limat Mamben memiliki tenaga pendidik berjumlah 21 orang terdiri atas 1 orang guru PNS/Kepala
sekolah, 1 orang Guru Honor
Daerah, 15 orang guru Tetap Yayasan dan 4 orang
GTT.
Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa guru SMP minimal bekualifikasi
ijazah S1 / Akta IV, kondisi guru di SMP Maraqitta’limat Mamben 95,83 %
berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV. Sedangkan Tata Usaha sebanyak 3 orang dan
Penjaga sekolah 1 orang. Guna
meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional, perlu disusun seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang disebut dengan kurikulum.
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh
masing-masing satuan pendidikan. Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan ini meliputi tujuan pendidikan nasional yang disesuaikan
dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta
didik. Oleh sebab itu Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben disusun untuk
memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang
ada di SMP Maraqitta’limat Mamben.
Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben mengacu pada Standar
Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi
lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan
penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan tersebut,
yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan
utama bagi SMP Maraqitta’limat Mamben dalam mengembangkan kurikulum.
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben disusun antara lain agar dapat memberi
kesempatan peserta didik untuk belajar :
·
Meningkatkan Iman dan Takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa,
·
Memahami dan menghayati ilmu pengetahuan dan teknologi,
·
Mampu
melaksanakan dan berbuat secara efektif dan efisien,
·
Berinteraksi dengan orang lain,
· Membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar
yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
Landasan Yuridis
· Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004
tentang Pemerintahan Daerah, khususnya Bab III Pembagian Urusan Pemerintahan
Pasal 14 Ayat 1 yang menegaskan bahwa bidang pemerintahan yang wajib
dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten dan Daerah/Kota antara lain pendidikan
dan penyelenggaraan pendidikan
· Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan
dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun
oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
· Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar
Isi (SI) pasal 1 menyatakan bahwa “Standar Isi untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah” yang selanjutnya disebut “Standar Isi” mencakup lingkup materi minimal dan
tingkat kompetensi minimal untuk
mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
·
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetisi Lulusan (SKL) pasal
1 ayat (1) menyatakan bahwa SKL untuk
satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian
dalam menentukan kelulusan peserta didik; ayat (2) menyatakan SKL
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi SKL minimal satuan pendidikan
dasar dan menengah, SKL minimal kelompok mata pelajaran, dan SKL mata
pelajaran.
· Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 tahun
2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
pasal 1 ayat (4) menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan menengah dapat
mengadopsi atau mengadaptasi model kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar
dan menengah yang disusun oleh BSNP; ayat (5) menyatkan bahwa kurikulum
satuan pendidikan dasar dan menengah ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan
dasar dan menengah setelah memperhatikan
pertimbangan dari Komite Sekolah atau Komite Madrasah; pasal 2 ayat (1)
menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar
dan menengah dapat menerapkan KTSP mulai tahun ajaran 2006/2007; ayat (2) menyatakan bahwa satuan
pendidikan dasar dan menengah harus
sudah mulai menerapkan KTSP paling lambat tahun ajaran 2009/2010; ayat (3) satuan
pendidikan dasar dan menengah pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah yang telah melaksanakan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh
dapat menerapkan secara menyeluruh SI dan SKL semua tingkatan kelasnya mulai
tahun ajaran 2006/2007; pasal (4) satuan pendidikan dasar dan
menengah yang belum melaksanakan uji
coba kurikulum 2004, melaksanakan SI, SKL, dan KTSP secara bertahap dalam waktu
paling lama 3 tahun.
·
Saat ini SMP Maraqitta’limat Mamben
telah melaksanakan KTSP secara menyeluruh dari Kelas VII,
Kelas VIII sampai Kelas IX.
·
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 160 Tahun 2015
tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.
Tujuan Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben
Tujuan Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben
adalah sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan di SMP Maraqitta’limat Mamben Kabupaten Lombok Timur.
Prinsip Pengembangan Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben dikembangkan
berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
· Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben dikembangkan
berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan
pembelajaran berpusat pada peserta didik. Potensi yang dimiliki siswa di
lingkungan SMP Maraqitta’limat Mamben sangat beragam antara lain potensi dalam
bidang olah raga baik sepak bola, bola volly dan lain sebagainya. Ini terlihat
dari banyaknya anak usia sekolah yang setiap sore hari mengikuti kegiatan sepak
bola di lapangan sekolah dan sekitarnya. Dalam bidang seni banyak siswa
mengikuti group-group rebana dan musik sehingga potensi seni suara dan musik
tumbuh subur di kalangan siswa. Untuk mengembangkan potensi yang ada,
dibutuhkan bimbingan secara menyeluruh terhadap potensi yang dimiliki siswa
baik dalam bidang olah raga, seni dan lainnya. Selain itu kecakapan yang
dikembangkan di dalam lembaga pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh siswa dalam
rangka mempersiapkan diri menghadapi kehidupan nyata di masyarakat.
·
Beragam dan terpadu
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben dikembangkan
dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi sekolah,
serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku,
budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum,
muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam
keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi. Keterpaduan substansi muatan kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben ini berwujud pada saling keterkaitan antara muatan
kurikulum wajib dengan kurikulum lokal yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan
dan saling mengisi.
·
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi
kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben memberikan
pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dengan memanfaatkan teknologi yang
berkembang sesuai perkembangan jaman seperti komputer, internet, alat-alat
musik tradisional maupun modern dan lain sebagainya.
·
Relevan dengan kebutuhan
kehidupan
Pengembangan kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan
(stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,
termasuk di dalamnya kehidupan
kemasyarakatan, dunia usaha dan
dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan
berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan
vokasional merupakan keniscayaan. Mengacu pada hal ini, Kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben diarahkan untuk mendukung kebutuhan dalam kehidupan
seperti keterampilan menjahit, kecakapan menggunakan teknologi, kecakapan
memainkan alat-alat musik, kecakapan bersosial dan lain sebagainya.
·
Menyeluruh dan
berkesinambungan
Substansi kurikulum SMP
Maraqitta’limat Mamben mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian
keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara
berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan. Keseluruhan dimensi kompetensi
ini terlihat dalam kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran yang disajikan di
sekolah sebagai bekal bagi siswa, yang meliputi kelompok mata pelajaran agama
dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, lmu pengetahuan dan
teknologi, estetika, serta jasmani olah raga dan kesehatan.
·
Belajar sepanjang hayat
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben diarahkan
kepada proses pengembangan, pembudayaan,
dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung
sepanjang hayat. Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben mencerminkan
keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan
lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
Hal ini menunjukkan suatu indikasi bahwa pendidikan di SMP Maraqitta’limat
Mamben bukan merupakan satu-satunya bekal pendidikan bagi kehidupan siswa,
melainkan siswa harus mau dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang
berikutnya.
·
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan
daerah
Kurikulum SMP Maraqitta’limat Mamben dikembangkan
dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk
membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan
nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan
dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI). Wujud keseimbangan ini tercermin dari disajikannya kurikulum
yang digariskan secara nasional, meliputi : Pendididikan Agama yang diimbangi
dengan penambahan kurikulum yang berbasis lokal seperti Kerajinan tangan dan bahasa arab
EmoticonEmoticon